

Budaya merupakan aturan informal yang dipatuhi oleh pegawai tercermin dalam perilaku mereka ketika berhadapan dengan sesama pegawai atau dalam menghadapi pelanggan dan sikap dan perilaku tersebut mampu mempengaruhi secara positif kinerja perusahaan ( contoh : Kejujuran sebagai Budaya organisasi Bluebird Taxi).A supporting culture provides a system of informal rules and peer pressures, which can be very powerful in determining behavior, thus affecting organizational performance.Budaya telah mempengaruhi para karyawan dalam kehidupan sehari-hari terurtama di lingkungan kerjanya ( contoh : sapta marga TNI).Culture provides organizational members with a way of making sense of their daily lives.Help organization adapt to the external environment The power of cultureTwo functions of culture in organization :1. Sejauh mana perusahaan memantapkan dulu organisasi (status quo) bukannya pertumbuhan.Sejauh mana karyawan diharapkan kompetitif dan agresif bukannya santai.Sejauh mana pekerjaan dilakukan bersama dalam Tim bukan individual.Sejauh mana setiap keputusan manajemen memperhatikan dampaknya pada karyawan.Sejauh mana manajemen memusatkan perhatian pada hasil bukan hal yang bersifat teknis.Sejauh mana karyawan diharapkan bekerja cermat, analitis dan emmperhatikan hal2 detail.Sejauh mana karyawan didorong agar inovatif dan berani mengambil resiko.The essence of an organization’s culture ( Stephen Robbin) Budaya adalah suatu nilai-nilai yang diolah, dikerjakan dan dikembangkan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Budaya adalah suatu nilai kesatuan yang utuh yang dihasilkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat termasuk didalamnya pengetahuan, kepercayaan, seni,hukum,adat istiadat,kebiasaan dan segala daya kemampuan yang dihasilkan mereka.Culture is that complex whole which includes knowledge, beliefs, art, morals, law, customs, and any other capabilities and habits acquired by man as a member of soceity ( Stephen Robbin).Budaya organisasi adalah suatu sistem nilai (persepsi) bersama yang dianut oleh para anggota organisasi yang dapat membedakan organisasi/perusahaan itu berbeda dengan organisasi/perusahaan lain.Organizational culture is a system of shared meaning held by members that distinguishes the organization from other organization ( Stephen Robbin).

